Pages

Nahdlatul Ulama Karangpuri | Hukum Problematika Qurban

                                                                                                                                     

NAHDLATUL ULAMA KARANGPURI
Salam silaturahim kami sampaikan kepada kaum muslimin muslimat mudah mudahan kita diberikan kesehatan dan mendapatkan perlindungan dari segala wabah khususnya Covid 19 dari Alloh SWT, amin.

Sehubungan akan datang idzul adha, kami selaku pengurus NU ranting karangpuri menghimbau kepada seluru panitia qurban yang berada dikarangpuri yang telah diberikan amanah oleh peserta qurban ( mudhokhi) untuk memperhatikan dalil dalil dibawah ini, hasil musyawarah pada hari sabtu tanggal 10 juli, dimasjid Darul Hikmah, telah memutuskan beberapa hal :

 

1.      Bolehkah berqurban dengan hewan perempuan? Boleh, tapi yang lebih afdhol ( lebih utama ) adalah laki laki selama tidak sering dikawinkan,dan apabila sering dikawinkan maka yang lebih utama adalah perempuan yang belum melahirkan.

 

لاإو هناوزن رثكي ملام ىثنلأا نم لضفا ركذلاو

فالانثى لم تلده أفضل منه

 

2.      Bolehkah menjual kulit qurban atau menjadikan ongkos?

 

a.    Haram,

 

 ولا يبيع اى يحرم على المضحى بيع شيع من الاضحية اى من لحمها او شعرها او جلدها ويحرم أيضا جعله أجرة للجزار

ولو كانت الاضحية تطوعا

 

b.    Boleh, dengan cara kulit diberikan pada foqoro’ masakin atau panitia yang miskin, kemudian bisa dijual.

 

                 وللفقير التصرف فى المأخوذ ولو بنحو بيع المسلم لملكه ما يعطاه

3.      Qurban nadzar adalah qurban yang berangkat dari sesuatu yang dinadzari yang wajib dilaksanakan , semisal jika saya diterima dipabrik Maspion maka saya akan berqurban, jika nadzarnya hasil maka wajib dilaksanakan, dan wajib disedahkan semua

 

. ولا يأكل المضحى

شيأ من الاضحية المنذورة بل يجب عليه التصدق بجميع لحمها

 

4.      Sarat hewan qurban; domba umur 1 tahun masuk 2 tahun, kacang ( Jawa) umur 2 tahun masuk 3 tahun, sapi umur 2 tahun masuk 3 tahun

 

. ويجزئ فيها الجدع من الضأن وهو ماله سنة وطعن

فى الثانية والثنى من المعز وهو ماله سنتان وطعن فى الثالثة والثنى

من البقرماله سنتان وطعن فى الثالثة

 

5.      Apa hukumnya berkurban pada ahli qubur? Menurut mayoritas ulama madzhab imam syafii, jika qurban diperuntukan pada ahli kubur, maka hukumnya tidak sah, akan tetapi jika ada wasiat hukumnya sah. Sedangkan menurut imam ar rofii dari madzhab safii, hukumnya sah meskipun tidak ada wasiat.

 

 ولا تضحية عن الغير بغير إذنه ولا عن ميت إن لم يوص بها. وقيل تصح التضحية

عن الميت وان لم يوص بها

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas Saran & Kritiknya !!!

Musyawarah NU Karangpuri

Musyawarah NU Karangpuri

LOKASI NAHDLATUL ULAMA KARANGPURI